Cara Booting Windows Menggunakan Rufus

Tutorial kali ini mengenai bagaimana cara menginstall windows 7 dengan menggunakan USB flashdisk. Mengingat komputer saat ini mayoritas tidak disertai DVD drive. Hal tersebut membuat pengguna komputer mengalami kesulitan ketika ingin menginstall sistem operasi, misalkan sistem operasi windows pada komputer mereka.


Maka dari itu, menginstall windows 7 menggunakan flashdisk merupakan solusi yang tepat bagi pengguna netbook maupun bagi anda yang mengalami kesulitan ketika ingin menginstall ulang windows 7 dikarenakan DVD drive anda bermasalah.

Berikut adalah Cara Booting Windows Menggunakan Rufus:

1.  Pertama, silakan download softwarenya disini.

2. Masukkan flashdisk anda kemudian buka aplikasi Rufus. Device anda secara otomatis akan terdeteksi seperti gambar di bawah ini.
mekecos.ga

3. Klik gambar CD drive untuk memilih lokasi file ISO windowsnya.  Kemudian klik Open.

4. Secara otomatis Rufus akan merubah file system dari  FAT32 menjadi NTFS. Anda juga bisa merubah nama drive tersebut pada New volume label (opsional). Kemudian klik Start.

5. Akan muncul notifikasi bahwa semua data yang terdapat pada drive tersebut akan diformat, jadi pastikan bahwa anda sudah membackup semua data yang penting. Selanjutnya klik OK.

6. Proses ini memakan waktu kira-kira 20 menit. Aplikasi ini sangatlah cepat, tetapi semua itu tergantung berapa besar ukuran sistem operasi tersebut dan kecepatan flashdisk yang digunakan.

7. Selesai! Flashdisk anda sekarang sudah bisa digunakan untuk media instalasi windows. Kemudian klik Close.
mekecos.ga
Media instalasi windowsnya sudah siap. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengatur BIOS agar booting pertama kali dari flashdisk. Hal itu dilakukan agar device yang pertama kali dibaca pada saat awal booting adalah flashdisk.





1 Komentar

Lebih baru Lebih lama