Langkah-langkah dalam tahap analisa sistem hampir sama dengan yang akan langkah-langkahyang dilakukan dalam mendefinisikan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan di tahap perencanaan sistem. Perbedaannya terletak pada ruang-lingkup tugasnya. Di analisa sistem, ruang lingkup tugasnya adalah lebih terinci. Di analisa sistem ini, penelitian yang dilakukan oleh analis sistem adalah penelitian terinci, sedang di perencanaan sistem sifatnya hanya penelitian pendahuluan
Di dalam tahap analisa sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh analis sistem, sebagai berikut:
Di dalam tahap analisa sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh analis sistem, sebagai berikut:
- Identify, yaitu mengidentifikasikan masalah
- Understand, yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
- Analyze, menganalisis sistem
- Report, yaitu membuat laporan hasil analisis.
Google Analytics adalah alat canggih yang umum digunakan. Google Analytics bisa menelusuri rekam jejak konversi penjualan, perilaku pengunjung di website, darimana mereka datang, masuk lewat pintu mana, ngapain saja, berapa lama berkunjung, keluar lewat pintu (halaman) mana, dll.
Google Analytics adalah tool yang ampuh untuk berbagai macam bisnis online, berbagai brand maupun para blogger.
Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat menemukan banyak data tentang website Anda yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi marketing dan pengembangan bisnis Anda.
Bagian belakang Google Analytics dipecah menjadi delapan bagian utama: Dashboards, Shortcuts, Intelligence Events, Real-Time, Audience, Acquisition, Behavior dan Conversions.
Dashboard Google Analytic
Sebelum kita menyelami ke bagian yang paling penting bagi marketer, mari kita mengenal beberapa istilah dasar di Google Analytics:
- Users: ini adalah orang-orang yang telah mengunjungi setidaknya sekali dalam rentang tanggal yang dipilih, dan termasuk pengunjung baru dan yang kembali mengunjungi website Anda.
- Dimensions: Ini adalah karakteristik deskriptif suatu objek. Misalnya, browser, halaman keluar (exit page) dan durasi semua sesi termasuk juga dalam dimensions.
- Metric: Ini adalah statistik individu dimensi, seperti rata-rata sesi durasi atau screenviews.
- Bounce Rate: ini adalah persentase kunjungan satu halaman, yang berarti bahwa seseorang meninggalkan situs Anda dari halaman yang sama di mana mereka datang; alias, mereka tidak berinteraksi dengan website Anda.
- Session: Sesi adalah periode waktu bahwa pengguna secara aktif terlibat dengan website Anda.
Hal - hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam Menggunakan Google Analytics
Tiga bagian penting untuk marketer: Acquisition, Audiencedan Behavior.
Bagian audience memberikan banyak data tentang pengunjung website Anda. Bagian ini berisi beberapa sub-bagian yang memberikan informasi tentang jenis kelamin, usia dan lokasi pengunjung website Anda.
Anda juga dapat menemukan informasi tentang interest mereka, serta browser dan perangkat mobile yang digunakan untuk mengakses website Anda.
Bagian Acquisition akan memberikan informasi rinci tentang bagaimana orang-orang datang ke website Anda. Mengolah Tab “All Traffic” akan menunjukkan dengan tepat bagaimana orang-orang tiba di website Anda, apakah itu melalui mesin pencari, sosial media atau kontributor blog Anda.
Bagian Behavior membantu Anda memahami bagaimana orang berinteraksi dengan website Anda. Anda akan mengunjungi bagian ini untuk lebih memahami halaman di Website Anda yang paling populer.
Berfokus pada tiga bagian ini akan membantu Anda menghemat waktu ketika menganalisis melalui Google Analytics.
Ketika digunakan bersama-sama, informasi yang ditemukan dapat membantu Anda membuat keputusan tentang marketing (baik itu blogging atau posting media sosial,) yang paling berguna dalam mengarahkan traffic website.
Menganalisis bagian ini dalam Google Analytics akan memberi Anda wawasan yang akan memungkinkan Anda untuk membuat keputusan marketing yang cerdas, tentang jenis dan penempatan konten yang Anda gunakan pada website Anda.
Lantas Apa Yang Membuat Analisis Menggunakan Google Analytic Sangatlah penting Untuk SEO Kita?
SEO
Google analytics jika dintegrasikan dengan Google webmaster menjadi semakin mumpuni bagi praktisi SEO. Anda bisa mengetahui pengunjung masuk ke website dengan kata kunci apa saja, dan website kita berada di posisi berapa di hasil pencarian organik. Termasuk jumlah tayang, jumlah klik, bounce rate, berapa halaman yang kunjungi, durasi berkunjung dll. Dengan data ini anda bisa mencari kata kunci mana yang memiliki performa terbaik untuk web anda. Dan mencari ide kata kunci mana yang harus dioptimasi lagi.
Social Media
Melalui Traffic Sources > Social > Overview anda bisa mengetahui trafik yang berasal dari jejaring sosial. Entah itu facebook, twitter, google plus, atau pinterest. Kampanye di media sosial saat ini lazim digunakan dalam digital marketing. Manfaat yang bisa anda dapatkan misalnya: trafik yang datang banyaknya hanya lewat facebook, sementara twitter hanya sedikit. Anda bisa kemudian mengoptimalkan lagi kampanye di twitter.
AdWords
Google AdWords akan semakin powerful bila dikawinkan dengan Google Analytics. Data dari Google Analytics bisa di import dan dianalisa di Adwords, begitu juga sebaliknya. Kampanye yang kita buat di AdWords bisa kita lihat dan analisa di Google Analytics. Posisi kata kunci, jumlah klik, dan masih banyak lagi. Dan yang menarik adalah kita bisa memilah data jumlah klik berdasarkan jam dalam hari. Artinya kita bisa tahu jam berapa saja pengunjung bertamu ke web melalui pintu Adwords.
Sebaliknya, Di AdWords kita bisa mengimpor perilaku pengunjung seperti jumlah halaman yang dilihat, durasi kunjungan, bounce rate, dll. Data yang ada menjadi pertimbangan tambahan dalam menentukan kata kunci yang efektif.
konten website
Dari sisi konten web, Google Analytics membantu kita menganalisa halaman website mana yang paling sering dikunjungi, artikel yang sering dibaca, atau artikel mana yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Ini bisa membantu menyimpulkan topik apa yang paling diminati dalam webstite kita. Topik dengan performa terbaik semakin diberdayakan dengan membuat lebh banyak artikel dalam topik tersebut.
Tags:
Google Analytic
Menurut saya, judulnya kurang bagus gan, cobalah membuat judul yang menarik dan mudah bersaing, kalo org nyari keyword "google analytics", yg pasti muncul di page one adalah web milik Google... Sekedar saran gan...
BalasHapusmakasi om sarannya, saya perbaiki deh.
BalasHapus