Iklan Adsense Tidak Muncul Pada Blog Mobile

Salah satu trik untuk meningkatkan pendapatan dollar dari Google Adsense adalah dengan cara meletakan kode unit iklan adsense di lokasi-lokasi strategis pada blog baik blog berflatform blogspot, wordpress dll.

Lokasi-lokasi terbaik untuk memasang unit iklan adsense dikenal juga dengan sebutan heatmap, yaitu lokasi-lokasi pada halaman blog yang di sinyalir banyak mendapatkan perhatian pengunjung, tujuannya adalah agar setiap iklan adsense yang kita pasang berpeluang untuk mendapatkan banyak klik dari pengunjung blog.

Lokasi-lokasi yang sudah terbukti dapat meningkatkan klick terhadap iklan adsense yang sudah banyak dibuktikan oleh para publisher adsense diantaranya adalah:
  • Lokasi di atas artikel postingan setelah judul postingan.
  • Di tengah-tengah artikel postingan.
  • Lokasi di bawah artikel postingan tepat setelah postingan berakhir
  • Di sidebar

Untuk memasang atau meletakan iklan adsense di lokasi-lokasi tertentu pada blog memang tidaklah terlalu sulit, jika anda tau caranya, namun untuk saat ini, ketika anda memutuskan untuk memasang iklan adsense pada halaman blogspot anda, anda harus bisa memastikan bahwa iklan adsense yang anda pasang dapat bekerja dengan baik, baik itu ketika blog diakses melalui komputer PC maupun ketika blog diakses melalui perangkat mobile seperti hp tablet dan perangkat mobile lainnya yang notabene memiliki lebar layar yang terbatas dan sempit.

Baca : Download Akun Komunitas Kampus Work

Lalu Bagaimana Jika Iklan Adsense Tidak Muncul Pada Mobile Phone?

Tampilan Mobile Iklan Tidak Muncul


Pertanyaan yang baru saja saya dapatkan solusinya ketika saya me-ngecek blog saya pada Test Your Mobile Speed  saya mendapatkan blog saya dalam keadaan fair yaitu performa blog saya jika di akses melalui mobile phone loading time blog saya agak lambat tidak terlalu buruk juga tidak bagus.



Bagaimana ini bisa terjadi?

Ada beberapa hal yang membuat blog jadi lambat yaitu:


  1. Template yang tidak responsive
  2. Koneksi internet lambat
  3. Terlalu over dalam penempatan iklan
Yups! lalu saya mempunyai solusinya. kenapa bisa tampilan blog saya untuk platform mobile buruk, karena saya menggabungkan tampilan platform desktop (PC) menjadi satu dengan tampilan mobile. bisa dilihat dalam pengaturan tema blog.

Tema Mobile Nonaktif

Untuk mengatasi ini saya aktifkan tema mode mobile.

Tema Mobile Aktif

Setelah saya aktifkan mode tema mobile dan alhasil Adsense pada blog saya tidak muncul alias mokad.

saya berfikir lagi, "kok bisa ya!!!"

Sekali lagi saya temukan solusinya yaitu 
menambahkan atribut mobile='yes', mobile='no' atau mobile='only' pada widget tempat Adsense Berada.

"Bagaimana caranya menambahkan atribut pada widget yang sudah kita letakkan Adsense?"

Pertama kita harus mengetahui ID dari widget yang ingin kita tampilkan pada versi seluler, 
Cara paling mudah mengetahui ID dari widget kita yaitu dengan masuk Dashboard - Tata Letak dan sobat dekatkan kursor sobat ke bagian Edit di salah satu widget hingga tampil seperti gambar dibawah ini:

Widget Html118



Yang ditunjukkan pada kotak merah diatas adalah id dari widget yang akan kita tambahkan atribut agar tampil pada tampilan mobile. Dan selanjutnya sobat masuk ke bagian edit html di Dashboard - Template - Edit HTML. Dan gunakan ctrl+f untuk memudahkan mencari widget yang sobat inginkan. Dalam contoh ini kurang lebih kode widgetnya seperti ini:

<b:widget id='HTML118' locked='false' title='' type='HTML' version='1'>


Dan sobat tambahkan atribut mobile='yes' seperti berikut:

<b:widget id='HTML118' locked='false' mobile='yes' title='' type='HTML' version='1'>

Gunakan mobile='yes' jika sobat ingin menampilkan widget dalam versi desktop maupun mobile ataupun seluler. Gunakan mobile='no' untuk tidak menampilkan widget pada versi seluler. Serta gunakan mobile='only' jika sobat hanya ingin menampilkan widget tersebut dalam versi seluler dan tidak tampak pada versi desktop.

Selesai kemudian save tema dan kemudian cek kembali web/blog anda melalui mobile phone.

Dan hasilnya pada blog saya adalah.




Iklan Muncul Dengan Tipe Responsive

Catatan Penting: Agar ukuran iklan Adsense sesuai dengan ukuran layar device mobile atau tab buatlah Iklan responsive, Jika tidak. tampilan Layout blog kalian akan keluar jalur seperti ini.
Layout keluar jalur. 👰👨👨👴👴👴




2 Komentar

  1. terlalu over ya kebanyakan iklan sehingga dengan internet yang gk stabil jadi gk muncul iklanya, atau iklan nya jadi keluar jalur karena kurang responsive bisa juga.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama